contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Jumat, 07 Desember 2012


RESENSI SEBUAH NOVEL

I. Judul Resensi
“Arti Penting Sahabat yang Terungkap dalam Sebuah Novel”
II. Identitas Buku
Judul Novel         :    Best Friend
Pengarang            :    Sekar Maya Padmaniasti Nakula
Penerbit               :    DAR! Mizan Anggota IKAPI
Kota Terbit          :    Bandung
Terbit                   :    Dzulhijjah 1430 H / Desember 2009 (Cetakan I)
Tebal                    :    192 Halaman
III. Pendahuluan
            Best Friend merupakan sebuah novel yang dikarang oleh Sekar Maya Padmaniasti Nakula yang diterbitkan oleh DAR! Mizan. Sekar yang termasuk penulis Best Seller KKPK / Love Cooking dengan bakat yang ia miliki telah berhasil menulis novel Best Friend, dan mampu menggambarkan secara unik keakraban kelima sahabat yang menjadi tokoh utama dalam novel Best Friend. Sehingga membuat pembacanya terpukau dan kagum dengan alur cerita yang disajikan. Melalui novel ini, Sekar menyampaikan kepada pembaca bahwa pentingnya tolong menolong dalam sebuah persahabatan. Dimana di dalam novel ini dicerminkan kekompakan, kesetiaan dan kerjasama yang dilakoni oleh kelima sahabat yang mengalami berbagai peristiwa dalam hidup mereka. Sehingga pada akhirnya mereka mendapatkan kesuksesan di bidangnya masing-masing.

            Selain itu, penulis juga menanamkan dalam hati pembacanya bahwa sebuah kejujuran, cinta, dan kasih akan mempererat tali persahabatan dan tidak akan menimbulkan rasa curiga satu sama lain. Oleh karena itu, bagi seseorang yang menganggap persahabatan tidaklah penting, maka setelah mereka membaca novel ini akan merasakan bagaimana bahagianya mempunyai seorang sahabat. Sehingga pentingnya persahabatan itulah, yang paling dikedepankan oleh penulis dalam Novel Best Friend.
IV. Isi Resensi Novel
a. Sinopsis Novel
            Charlize, Caitlin, Zane, Jules, dan Kelan telah menjalin persahabatan mereka semenjak Sekolah Dasar, walaupun mereka dipertemukan dalam waktu yang berbeda, seperti Caitlin dan Kelan sudah bersabahat sejak kecil oleh karena itu mereka saling mengenal satu sama lain.  Kelima sahabat ini masing-masing mempunyai kemampuan yang berbeda satu sama lain. Jules adalah seorang kapten tim basket disekolahnya. Charlize adalah gadis yang sangat gemar akan memotret, ia telah bergabung dalam jurnalistik dan bercita-cita ingin menjadi jurnalis hebat. Caitlin adalah seorang gadis penyiar radio di sekolahnya dan menjadi seorang artis pendatang baru yang ramah terhadap fansnya. Zane adalah siswa yang pandai dalam bidang sains, sehingga gelar”proffessor” pun seolah-olah telah didapatkannya, walaupun pada kenyataannya Ia menderita penyakit yang hanya diketahui oleh keluarganya dan Caitlin, yang menyembunyikannya dari sahabat-sahabat yang lain. Kelan, dia adalah seorang kapten tim sepak bola dengan permainannya yang begitu mengagumkan.
            Saat ini sedang berlangsungnya pertandingan antara sekolah Rockport Junior High School dengan tim basket Vinewood se-California, sekolah yang menang akan mengikuti kejuaraan tingkat Nasional di New York. Jules yang merupakan kapten tim basket disekolahnya berharap Rocket Rockport bisa pergi ke New York, dengan semangat dari teman-temannya Jules bisa memenangkan pertandingan dengan skor 72:70 atas Vinewood. Atas kemenangan ini sekolah Rockport Junior High School berhasil menuju New York yang keempat kalinya dikejuaraan basket SMP tingkat Nasional. Atas kemenangan Jules, teman-temannya mengajaknya pergi ke Gracia’s untuk merayakan keberhasilan tim basket sekolah mereka. Pada malam harinya Caitlin pun mengadakan konser, seperti biasa teman-temannya diberi tiket VVIP olehnya. 
            Musim panas ini Caitlin mengadakan konser di New York bersama The Jonas Brother yang diadakan tanggal 23 Juli. Pada saat yang bertepatan Jules juga lomba basket disana, dan Zane juga ada lomba fisika di City Light Junior High School, N.Y. tapi charlize dan kelan tidak mempunyai kepentingan untuk pergi kesana. Caitlin pun berpikir agar kelima sahabatnya bisa pergi ke New York. Kemudian didapati kesepakatan agar mereka pergi berlibur di New York pada musim panas ini tanpa mengganggu kegiatan teman-temannya yang lain.
           Saat di New York kelima sahabat itu pergi untuk berjalan-jalan keliling New York. Empat hari kemudian Zane mengikuti lomba fisika di City Light Junior High School, setelah selesai kelima sahabat itu pergi kekantin sambil menunggu pengumuman. Setelah selesai makan siang mereka kembali lagi ke area pertandingan untuk mendengarkan pengumuman pemenangnya, juara 3 dimenangkan oleh Dylan Lewis dari Northport Junior High School, juara 2 dimenangkan oleh Kim Smith dari Yellow Creek Junior High School, hingga akhirnya pengumuman juara 1 dimenangkan oleh Zane Powell dari Rockport Junior High School.
            Hari ini adalah pertandingan finalti antara Miami Mice dari Florida dan Rockport Junior High School, keempat teman Jules pun ikut melihat pertandingannya. Dengan hati-hati Caitlin menonton pertandingan Jules agar tidak merusak make-up nya karena setelah menonton pertandingan ini Caitlin langsung pergi kekonsernya. Setelah beberapa lama, Caitlin ingin memperbaiki Make-upnya ke toilet. Saat didepan pintu toilet tiba-tiba Caitlin melihat pria bertubuh besar bersama dengan Barbara Jenkins, Barbara merasa iri dengan kepopuleran Caitlin sehingga ia menculik Caitlin. Selang beberapa lama pertandingan pun berakhir dengan skor 72:70 yang dimenangkan oleh tim Rockport Junior High School, dengan bangga Jules mengangkat Trofi yang diberikan sebagai tanda kemenangan. Ketiga sahabat itu baru sadar bahwa Caitlin terlalu lama di toilet, tiba-tiba hp Kelan pun berbunyi dan ternyata itu adalah sebuah sms SOS (sms pertolongan) dari Caitlin. Dengan segera ketiga sahabat itu pergi menyusul Caitlin, tetapi karena jalanan macet kemudian Charlize menelepon Jules yang sedang berada di taman bersama ayahnya. Setelah Jules sampai di gedung Musiu, Jules langsung masuk dan menabrak kaca dan langsung memukul Bodyguard Barbara.
            Tanpa perkelahian yang lama Jules berhasil membebaskan Caitlin, tapi Barbara membawa pematik api yang menyala kemudian terjatuh hingga mengakibatkan gedung musiu itu meledak. 
            Musim gugur ini Kelan mengikuti pertandingan sepak bola, saat tengah membawa bola tanpa sadar Kelan disikut oleh lawannya. Kelan berusaha bangkit dan melanjutkan pertandingan tapi Charlize berhasil mengambil gambar Kelan yang tengah kesakitan dan meneteskan air matanya. Charlize menulisnya dalam buku dairy, kemudian tanpa sengaja Kelan membacanya dan langsung marah pada Charlize. Hari demi hari berlalu Kelan mengikuti pertandingan final sepak bola tingkat SMP, saat disebuah pertandingan, Kelan merasa penyakitnya kambuh. Waktu tinggal 10 detik lagi, kemudian Kelan membawa bola sampai kekotak pinalti dan datanglah pemain lawan ke arahnya dan menyikut jantungnya, pertandingan berakhir dengan kemenangan dari Rockport Junior High School. 
            Tim medis telah berusaha tapi Kelan tidak bisa ditolong lagi, semua menangis termasuk Charlize yang tengah bertengkar dengan nya. Setelah Kelan meninggal Caitlin menjadi lebih murung Charlize jadi lebih dingin jika diajak bicara. Zane dan Jules berusaha menghibur mereka agar tidak larut dalam kesedihan, lalu Jules mengirim kotak yang berisi sebuah CD untuk menghibur Caitlin. Setelah mendengarnya Caitlin tersenyum dan merasa ikhlas melepaskan Kelan. Hari ini Charlize ulang tahun. ayahnya membelikannya kamera model baru, ia memamerkannya pada teman-temannya tanpa sengaja Zane menabraknya dan kamera Charlize pun jatuh. Sejak saat itu Zane merasa bersalah terhadap Charlize, hingga akhirnya Zane mengkonsumsi bahan-bahan yang sangat berbahaya. Kemudian Zane dianjurkan untuk dibawa ketempat rehabilitasi.
            Beberapa saat kemudian mereka mengadakan acara prom night , Caitlin berpasangan dengan Jules, sedangkan Charlize tidak memiliki pasangan begitu juga dengan Zane. Caitlin dan Jules mempunyai ide agar Charlize dan Zane bisa berbaikan kembali, tapi idenya tidak berhasil hingga acara dimulai Zane belum juga datang. Kemudian Charlize keluar dari gedung dan bertemu dengan Zane yang memang ingin menghampirinya untuk memberinya kamera yang pernah dijatuhkan oleh Zane. Keempat sahabat itu akur kembali dan tak sampai disitu Zane juga memberi kejutan untuk teman-temannya yang lain, mereka menuju keatap gedung dan Zane pun mulai memberi aba-aba,, suuuuup kembang api keluar dan menghiasi langit diantara bintang-bintang. Kemudian mereka pun kembali menjalani hari dengan canda tawa dan persahabatan pun berlanjut.
b.Keunggulan Novel
           Novel yang mengisahkan tentang persahabatan ini memberikan pelajaran bagi seluruh remaja, karena di dalam novel tersebut dikisahkan kelima sahabat yang menjalani hidup dengan penuh liku-liku perjuangan untuk memepertahankan persahabatan mereka. Selain itu, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami dan memaknai pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya. Kemudian penyampaian alur cerita secara menarik menjadikan novel ini sangat layak dibaca oleh remaja ataupun orang dewasa. Terstruktur dan runtutnya alur cerita memberikan motivasi kepada pembaca untuk segera menyelesaikan kisah yang ada pada novelnya.
c. Kekurangan Novel
        Penggunaan tata bahasa yang rumit, dalam artian menggunakan tata bahasa yang diucapkan remaja-remaja yang tinggal di kota setiap harinya, memberikan kesulitan bagi anak-anak ataupun remaja-remaja yang tidak terbiasa menggunakan tata bahasa tersebut. Sehingga akan terjadinya kesulitan bagi mereka dalam penafsiran makna yang ingin disampaikan oleh penulis.
V. Penutup
       Novel  ini sangat layak sekali untuk dibaca, karena memberikan pesan-pesan yang mendidik dan mengajak remaja-remaja untuk selalu berbuat ke arah positif. Untuk itu, perbaikan dalam tata bahasanya sangat perlu diperhatikan, agar pesan dan makna yang disampaikan penulis dapat tersalurkan dengan baik kepada seluruh remaja yang ada. Sehingga remaja akan lebih terdidik dan melatih untuk mau membaca. Walaupun begitu, hal tersebut dapat sedikit teratasi dengan pesan luar biasa yang disampaikan oleh penulis, yaitu “Berharganya Sebuah Persahabatan”.

0

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Share It

Powered by Calendar Labs

Followers